Ounce beda dengan Ons

Ounce, Google VS Buku IPA

Riza Rizki Rahmatsyah
Ocean Engineering Student of ITB

sesaat lalu saya sedang browsing mencari harga emas dari waktu ke waktu. ternyata yg keluar kebanyakan situs bahasa ingris dan satuan yg dipakai disana adl ounce. saya teringat pernah dapet sekilas info, yg dulu ga terlalu saya perhatiin, kalo 1 ounce itu ga 100 gr, jadilah tab browse saya berangkat menuntut ilmu pada mbah google.

wheeeww,, sebuah hasil yang aneh muncul ketika saya membandingkan ounce menurut google dan ons menurut wejangan dari buku2 IPA di sekolah

menurut mbah google,
 1 ounce = 28,3495231 gram

sedangkan wejangan dari buku2 IPA di sekolah,
 1 ons = 100 gram

hal ini membuat saya ingin klarifikasi ke pihak ketiga, om wiki, agar mendapat jawaban yg mungkin lebih netral dan om wiki yg bijak pun menjelaskan panjang lebar tentang sejarah ounce dan ons

dibumi kita saat ini, ada dua sistem ounce yang digunakan secara luas, yang pertama adalah international avoirdupois ounce. avoirdupois dibaca avoardupoa, dg lafaz oa mendekati wa, diambil dari bahasa perancis kuno, aveir de peis yang artinya kurang lebih adalah kepemilikan atas berat (mempunyai berat). ounce yg satu ini yang banyak digunakan secara luas. dan ounce yg ini juga ni yang nilainya setara dengan 28,349 523 1 gram.

yang kedua adalah troy ounce. Berat satu troy berasal dari sistem massa troy sejak jaman William sang penakluk, nama troy berasal dari kota Troyes di Perapatan ciamis a.k.a Perancis, sebuah kota perdagangan penting di Abad Pertengahan. nilai 1 Troy Ounce setara dengan 31.103 476 8 gram. nah troy ounce inilah yang ternyata saya lihat ketika sedang browsing harga emas tadi, karna logam mulia saat ini ditimbang dengan satuan troy ounce di dunia internasional.

selain dua ounce barusan ternyata ounce juga punya sepupu di tiap daerah yang lain. masing-masing daerah punya sebutannya tersendiri utk ounce. meskipun international avoirdupois ounce dan troy ounce diambil dari bahasa perancis, tetapi di perancis lebih dikenal dengan nama once. sedangkan ounce yang bermigrasi ke spanyol merubah namanya menjadi onza dan berbaur dengan penduduk satuan setempat. dan tiap tiap daerah pun memiliki nilainya tersendiri utk ounce. 1 once perancis setara nilainya dengan 30.59 gram sedangkan 1 onza spanyol setara dengan 27.3 gram. dahulu kala di ingris juga dikenal satuan tower ounce yang setara dengan 29 gram, tapi karna sesuatu hal satuan ini ga pernah dipake lagi.

kembali ke ons kita, ons memang masih keluargaan sama ounce, tetapi mereka tidak kembar identik, namanya beda dan nilainya pun berbeda utk konversi ke gram. ons tinggal di indonesia dan di tiap negara lain ada kemungkinan utk ada ons-ons yg lain yg nilainya beda. ons indonesia mungkin kembar identik dengan ons di belanda karna nilainya sama dan diberi nama yang sama pula. dan 1 ons indonesia memang = 100 gram

oh ya penulisan gr dan g juga beda lho! gr itu lambang utk grain dan g itu adalah lambang utk gram yang sudah lama kita kenal. jangan sampe ketuker ato salah manggil nama ya..

 1 grain = 0.06479891 grams

dan ternyata oh ternyata 2 pon juga tidak sama dengan 1 kg lho!

jadi ingatlah kata pepatah "dimana langit dipijak disitu bumi dijunjung", saat kita pindah ke daerah ato negara lain bertanyalah pada orang sekitar, "eh,, eh,, disini tuh 1 ons berapa sih?"

 

Comments  

 
0 #1 dudung 2014-05-20 15:14
:-) thx infonya gan sangat bermanfaat
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh