Contoh Proposal Kegiatan Pustaka

Contoh Proposal Kegiatan Pustaka

GEBYAR HARI AKSARA 2006

LOMBA AKSARA INDAH,  MENGARANG PENDEK, MEMBACA CERITA SERTA PENCANANGAN GERAKAN KELUARGA CINTA MEMBACA, PERESMIAN PERPUSTAKAAN SUARA KENCANA, DAN PERESMIAN TAMAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - KARANG BALITA

 

I.             PENDAHULUAN

Belum banyak warga masyarakat yang mengetahui bahwa tanggal 8 September telah ditetapkan oleh Pemerintah sebagai Hari Aksara Nasional.  Penetapan Hari Aksara tersebut, pada awalnya barangkali didasarkan oleh kenyataan bahwa masih banyak  penduduk Indonesia yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan formal, bahkan untuk tingkat sekolah dasar sekalipun.

Kata “Aksara” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai “system tanda-tanda grafis yang dipakai manusia untuk berkomunikasi dan sedikit banyaknya mewakili ujaran “.  Secara umum “Aksara” diartikan sebagai  “ Huruf dan Tulisan”.

Produk kebudayaan yang mewakili kata aksara, yang dikenal oleh masyarakat, salah satunya  adalah Buku.  Buku seringkali dianonimkan atau diibaratkan sebagai jendela ilmu pengetahuan. Hal ini didasari pada kenyataan bahwa Buku merupakan sarana dasar yang amat penting untuk dijadikan sebagai media penyebaran ilmu pengetahuan dan media mencari ilmu pengetahuan.  Namun, harga buku yang relative mahal bagi beberapa kalangan, menjadikan konsumsi buku tidak ditempatkan pada posisi utama dalam pengeluaran rumah tangga.  Buku menjadi sesuatu yang mahal dan tidak menjadi prioritas oleh banyak kalangan masyarakat.

Upaya membentuk manusia Indonesia yang cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata.  Warga masyarakat juga diharapkan dapat memberikan sumbangsihnya dalam pembentukan manusia Indonesia yang cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan.  Upaya tersebut diharapkan dilakukan sejak anak berada pada usia dini, serta dilakukan dengan mendayagunakan seluruh potensi yang ada di masyarakat.

Didasari oleh kenyataan yang dipaparkan di atas, Radio Komunitas Suara Kencana, bersama-sama dengan kelembagaan yang ada di Lingkungan Perumahan Taman Griya Kencana Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, yaitu antara lain Divisi humar RW 08, PKK RW 08, serta Kader POSYANDU RW 08, bersepakat untuk mengadakan kegiatan Gebyar Hari Aksara 2006 dengan melakukan rangkaian kegiatan yang bertajuk : “ LOMBA AKSARA INDAH,  MENGARANG PENDEK, MEMBACA CERITA SERTA PENCANANGAN GERAKAN KELUARGA CINTA MEMBACA, PERESMIAN PERPUSTAKAAN SUARA KENCANA, DAN PERESMIAN TAMAN PENDIDIKAN USIA DINI - KARANG BALITA “

II.          MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan Tujuan penyelenggaraan Kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Memasyarakatkan Hari Aksara Nasional untuk menumbuhkan kepedulian akan pendidikan dalam masyarakat.
  2. Meningkatkan  kualitas pemahaman dankecintaan akan aksara bagi anak yang duduk di Sekolah Dasar melalui kegiatan Lomba Mengarang, Lomba Bercerita dan Lomba Menulis Aksara Indah.
  3. Meresmikan Perpustakaan Suara Kencana yang dapat digunakan oleh warga masyarakat untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan melalui koleksi buku yang dimiliki.
  4. Membentuk dan memasyarakatkan Gerakan cinta Membaca dengan Keluarga sebagai fokus utama.
  5. Meresmikan Karang Balita sebagai salah satu wujud kepedulian Ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK dan Kader Posyandu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sejak dini.

 

III.  BENTUK DAN WAKTU KEGIATAN

 

Bentuk Kegiatan yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut :

Kegiatan Aneka Lomba Aksara

Kegiatan Aneka Lomba Aksara adalah kegiatan lomba yang berkaitan dengan Dunia Aksara, yaitu dalam bentuk Membaca dan Menulis dengan ragam lomba sebagai berikut :

1.      Lomba Membaca Cerita

Adalah Lomba dalam bentuk membaca buku cerita anak. Melalui lomba ini diharapkan anak memiliki kemampuan untuk menterjemahkan intonasi dan ekspresi pada saat membaca suatu buku cerita. 

Lomba ini diperuntukkan bagi siswa yang berasal dari sekolah dasar yang ada di lingkungan Kelurahan Kencana.

2.   Lomba Mengarang

Adalah Lomba dalam bentuk Mengarang Cerita Ringkas. Melalui lomba ini diharapkan anak memiliki kemampuan untuk menterjemahkan daya imajinasi dalam bentuk tulisan cerita.  Lomba ini diperuntukkan bagi siswa yang berasal dari sekolah dasar yang ada di lingkungan Kelurahan Kencana.

3.   Lomba Menulis Aksara Indah        

Adalah Lomba dalam bentuk Menulis Aksara Indah. Melalui lomba ini diharapkan anak memiliki kemampuan untuk menterjemahkan daya imajinasi dalam bentuk tulisan indah yang bernuansa seni. 

Lomba ini diperuntukkan bagi siswa yang berasal sekolah dasar yang ada di lingkungan Kelurahan Kencana.

Seluruh Pemenang Lomba akan memperoleh Piala dari Kepala Wilayah Kecamatan  Tanah Sareal – Kota Bogor.

 

Peresmian Perpustakaan Suara Kencana

Peresmian Perpustakaan Suara Kencana dilakukan dalam bentuk pengguntingan Pita dan Penyerahan Bantuan secara Simbolis dari beberapa Lembaga yang berkomitmen memberikan dukungan koleksi Buku Perpustakaan.  Peresmian akan dilakukan oleh Bapak Camat Tanah Sareal Kota Bogor.

Koleksi yang telah dimiliki oleh Perpustakaan Suara Kencana adalah sebagai berikut :

  1. Koleksi Buku dari berbagai bidang ilmu sebanyak lebih dari 300 judul buku
  2. Koleksi Majalah dari berbagai kategori majalah sebanyak lebih dari 300 eksemplar
  3. Koleksi Buku Digital dalam bentuk E-Book lebih dari 100 judul buku digital yang tersimpan dalam komputer dan keping CD.
  4. Koleksi Majalah Digital dalam bentuk PDF File lebih dari 100 edisi majalah digital yang tersimpan dalam komputer dan dalam bentuk keping CD.

Hingga saat ini Perpustakaan Kencana telah mendapatkan komitmen supporting koleksi dari Lembaga Eksternal, antara lain :

  1. Pusat Penerangan Pertahanan Keamanan (PUSPEN HANKAM) dalam bentuk peminjaman koleksi untuk masa cycle per tiga bulan.
  2. Departement Kelautan dan Perikanan dalam bentuk koleksi buku yang berkaitan dengan Kelautan dan Perikanan.

 

Selain digunakan sebagai referensi ilmu pengetahuan untuk seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencana,  Perpustakaan juga dimanfaatkan sebagai sumber materi siaran bagi pengelola Radio Komunitas Suara Kencana FM, sesuai dengan tugas dan tanggungjawab kelembagaan radio komunitas dalam hal penyebaran informasi dan  edukasi bagi seluruh warga Perumahan Taman Griya Kencana.

 

Pencanangan Gerakan Keluarga Cinta Membaca

Gerakan Keluarga Cinta Membaca dicanangkan untuk memberikan keyakinan bahwa Perpustakaan Suara Kencana nantinya akan benar-benar dimanfaatkan oleh keluarga yang ada di Perumahan Taman Griya Kencana khususnya, dan lingkungan sekitar Kelurahan Kencana pada umumnya. 

Keluarga Cinta Membaca dibentuk dalam wujud Klub Keluarga Cinta Membaca.  Secara rutin, pengelola Perpustakaan Suara Kencana  akan merancang berbagai macam kegiatan dan program yang ditujukan untuk dapat lebih meningkatkan kecintaan anggota perpustakaan akan kebiasaan cinta membaca.  Kegiatan tersebut antara lain adalah Pemutaran Film Pendidikan, acara diskusi dan bedah buku, acara lomba resensi buku, dan beragam jenis kegiatan lainnya.

Pada awal peresmiannya ditargetkan  sudah terbentuk minimal 100 Keluarga yang berkomitmen untuk menjadi anggota Klub Keluarga Cinta Membaca.  Keluarga yang tergabung dalam Klub Keluarga Cinta Membaca, diharapkan dapat menjadi motivator bagi keluarga lainnya untuk bersama-sama memanfaatkan keberadaan Perpustakaan Suara Kencana sebagai salah satu sumber memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dengan jargonnya “ Buku sebagai Gerbang Dunia

Kegiatan Peresmian Pencanangan Gerakan Keluarga Cinta Membaca dilakukan dalam bentuk pemberian Plakat Tanda Keluarga Cinta Membaca oleh Bapak Camat Tanah Sareal Kota Bogor.

Pada saat acara berlangsung, juga akan dilakukan beragam permainan yang berhubungan erat dengan dunia aksara dan dunia buku bagi para anggota Klub Keluarga Cinta Membaca.

D.    Peresmian Rintisan Taman Pendidikan Anak Usia Dini – Karang Balita

Karang Balita adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh para Ibu Kader PKK dan Kader Posyandu yang berkaitan dengan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Karang Balita ditujukan bagi warga masyarakat yang ada di Lingkungan Perumahan Taman Griya Kencana, yang memiliki anak balita, namun belum berkesempatan untuk mengikuti kegiatan sekolah formal pada Tingkatan Taman Kanak-kanak.

Melalui kegiatan Karang Balita, diharapkan warga masyarakat memiliki alternative tempat belajar sejak dini bagi anak balita mereka.  Sistem pengajaran diusahakan semaksimal mungkin mengadopsi kurikulum yang berlaku di tingkatan Taman Bemain dan Taman Kanak-kanak Formal.  Biaya keikutsertaan ditekan seminimal mungkin dengan menggunakan para kader PKK dan Posyandu sebagai tenaga pembimbing dan pengajar.

Kegiatan Peresmian Rintisan Taman Pendidikan Anak Usia Dini – Karang Balita dilakukan dalam bentuk Penandatanganan Prasasti Peresmian yang dilakukan oleh Bapak Camat Tanah Sareal Kota Bogor.

Selama kegiatan berlangsung, juga diadakan Bazaar yang diikuti oleh para Kader PKK RW 08 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal – Kota Bogor.  Selain bazaar, juga akan didatangkan Mobil Perpustakaan Keliling dari UPT Perpustakaan Umum Kota Bogor.   Selain mobil perpustakaan keliling, akan diusahakan juga untuk mendatangkan Mobil Pintar Tunas Bangsa untuk dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga yanghadir di lokasi kegiatan.

Rangkaian Kegiatan tersebut di atas, akan diadakan pada :

Hari/Tanggal  :  Minggu, 10 September 2006

Waktu             :  Pk. 09.00  Wib – Selesai

Tempat            : Gedung Pusat Informasi dan Edukasi Warga

                           Perumahan Taman Griya Kencana

                           Jl. Kencana Raya No.01

                           Kelurahan Kencana Kec. Tanah Sareal – Kota Bogor

 

IV.              ANGGARAN BIAYA

Biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan ini secara garis besar adalah sebagai berikut :

 

  1. Biaya Kesekretariatan   ……………………………… Rp.    300.000
  2. Biaya Konsumsi ………………………………………Rp.    700.000
  3. Biaya Perlengkapan ………………………………….. Rp.  1.500.000
  4. Biaya Sarana Lomba …………………………………. Rp      600.000
  5. Biaya Hadiah Lomba ………………………………… Rp.  1.600.000
  6. Biaya Transportasi …………………………………… Rp.    300.000

                                                                                              ------------------

TOTAL BIAYA  ….………………………………..  Rp.  5.000.000

 (   Terbilang : Lima Juta rupiah  )

Sumber pembiayaan diharapkan berasal dari :

  1. Donatur Warga
  2. Donatur Lembaga Pemerintah
  3. Sponsorship Dunia Usaha

V.  PENUTUP

Demikian Proposal kegiatan ini dibuat untuk dijadikan sebagai pedoman bagi para pihak yang berkenan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.  Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Bogor,   10 Juli  2006

Panitia Pelaksana

Gebyar hari Aksara 2006

Maryani Tya Djamal                                                               Alfi Nurhasanah

           Ketua                                                                                   Sekretaris

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Aktivitas Kami
RCK - Pengenalan Internet (1)
RCK - Pengenalan Internet (2)
RCK - Pengenalan Internet (3)
RCK - Pengenalan Internet (4)
RCK - Pengenalan Internet (5)
RCK - Pengenalan Internet
RCK - Pengenalan Komputer (1)
RCK - Pengenalan Komputer (2)
RCK - Pengenalan Komputer (3)
RCK - Pengenalan Komputer (4)
RCK - Pengenalan Komputer (5)
RCK - Pengenalan Komputer (6)
RCK - Pengenalan Komputer (7)
RCK - Pengenalan Komputer (8)
RCK - Pengenalan Komputer (9)
RCK - Pengenalan Komputer
Modul Khusus Anggota
Login Register





Masuk
Create an account